Cara Aman Merawat Laptop dan Baterainya

Posted by Rezzky Novtavyan I. September 12, 2012 0 komentar
Rezzky - Malam sobat blogger, nih sekarang ane mau share tips untuk merawat laptop dan baterai sobat.
Berikut ada beberapa tips ato cara aman untuk merawatnya,, langsung aja dibaca sobat.

1. Jauhkan laptop sobat dari medan magnet yg kuat,seperti TV,dll. Bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yg extreme.
2. Letakkan laptop sobat selalu di tempat yg rata, dan jangan saampe terkena sinar matahari langsung.
3. Kalo ane pernah baca² nihh ye gan, menurut survei,kerusakan laptop yg paling banyak terjadi adalah pada Harddisk dan LCD/display.

    Kalo kerusakan harddisk biasanya terjadi karena benturan yg keras, sedang kalo LCD mungkin diakibatkan terkena sinar matahari secara langsung dan karena tekanan batin #ehh salah  :D , tekanan fisik maksud nya,hehehehe ...
4. Pasang kabel power,adapter,ato kabel laen yg tersambung ke laptop sobat dengan rapi.
5. Selain kerusakan harddisk dan LCD, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum, atau pakai selembar film-transparan yang disebut ‘keyboard protector’. 
6. Jauhkan laptop dari sumber getaran yg kuat, seperti speaker,mesin kendaraan,dll.
7. Hindarkan laptop dari sinar X-Ray di airport/bandara  #Makanya kalo ke bandara gk usah bawa laptop,buat OL lagi,, saran ane bawa aja tuh sekalian kompi ente, hahaha  :D
8. Jaga kebersihan laptop dengan rutin, pake kain lap ato pembersih lainnya biar gak berdebu.
9. Gunakan modem yg mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dan kerusakan jika secara gk sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital, PABX ato ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.
10. Pastikan laptop disimpan ditempat yg kering, jgn simpan di tempat yg lembab. Jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yg lama, saran ane masukin aja ke dalam wadah khusus, ato tas laptop, ditutup rapet dan masukin silica gel .Silica gel merupakan bahan kimia yg bersifat Higroskopis ato bisa menyerap uap air/kelembaban, seperti halnya pada botol obat, kemasan barang, kardus sepatu,dll. (Bisa dibeli di toko obat ato toko bahan kimia.
11. Buatlah back-up data secara rutin apabila terjadi mati lampu #maklum,orang jawa, hehehe :D  sewaktu waktu, jika sedang menggunakan AC Outlet. Jika memungkinakan, coba sobat gunakan "surge protector".
12. Selalu pakailah tas laptop saat bepergian.
13. Jika ingin dikirim untuk keperluan lain, ato dikirim dalam jarak jauh, gunakanlah kotak pelindung yg kuat, dan bungkuslah dengan busa/spons #spongebob squarepants :D (vilem kesukaan,hehehe) yg dapat menyerap getaran.
14. Jangan coba² meletakkan benda berat di atas laptop.
15. Jika laptop bermasalah, jgn mencoba untuk membongkar sendiri bila sobat belum ahli. Bawalah ke service center terdekat.
16. Bila mengangkat laptop dalam keadaan ON atau lid terbuka, jgn mengangkatnya pada bagian display, angkatlah pada bawah keyboard laptop.
17. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah Compact Disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disc.
18. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (Private Bandwitch Exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya menggunakan saluran PSTN (Public-Switched Telephone Network).
19. Jauhkan dari jangkauan anak kecil
20. Rawatlah baterai laptop dengan benar, jangan sampai terjadi kebocoran karena dapat merusak slot baterai.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Aman Merawat Laptop dan Baterainya
Ditulis oleh Rezzky Novtavyan I.
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rezky-a7x.blogspot.com/2012/09/cara-aman-merawat-laptop.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Rezzky Official Sites.

Total Tayangan Halaman